Cara Memilih Hotel Sesuai Dengan Bintangnya

Cara Memilih Hotel Sesuai Dengan Bintangnya

Anda tentu pernah mendengar hotel bintang 1, bintang 2 hingga bintang 5 bukan?
Nah, ke semua hotel berbintang itu sudah memiliki kriteria yang dirangkum dalam sebuah peraturan dalam dunia usaha perhotelan. Sehingga Anda setidaknya merasa aman dan nyaman ketika akan menginap di hotel berkelas tersebut. Namun, dewasa ini telah muncul berbagai penginapan atau hotel yang mengaku sudah berkelas bintang 1 namun ternyata masih belum ada kriteria yang sesuai.

Jangan berpikiran negatif dulu ya sebelum Anda membaca ulasan cara memilih hotel sesuai dengan bintangnya.

1. Hotel Kelas Bintang Melati
Dalam kelas bintang melati ini seringkali disamakan dengan hotel bintang 1 namun sebenarnya berbeda ya. Dalam fikiran orang awam hotel melati cenderung mengesankan negatif untuk pasangan tidak resmi, tapi tidak semuanya sepeti itu ya. Masih banyak hotel melati yang menerapkan syar’i sesuai agamanya. Dari bentuknya sederhana dan fasilitasnya seperti AC, TV, kamar mandi dalam maka cukup nyaman untuk Anda tempati. Minimal terdiri dari 5-10 kamar.

2. Hotel Bintang 1
Dalam kelas hotel bintang 1 ini sudah masuk ke aturan standar perhotelan dengan sejumlah layanan dan fasilitas tertentu. Layanan ini memang terbatas pada jam khusus sedangkan fasilitasnya seperti AC, TV, restoran, free wifi dan parkiran yang cukup memadai. Jumlah kamarnya minimal 15 buah. Kisaran harganya Rp. 150 ribuan – 180 ribuan per malam. Anda yang berpikiran “pokoknya bisa untuk tidur” bisa memilih hotel bintang 1 karena sudah cukup layak.

3. Hotel Bintang 2
Standar hotel bintang 2 ini harus lebih baik dari hotel bintang 1 ya. Hotel bintang 2 harus memiliki setidaknya 2 kamar suite dan jumlah kamar minimal 20 buah. Layanan dan fasilitasnya lebih banyak seperti catering 24 jam, laundry atau jatah makan 1 kali sehari. Kisaran tarif untuk menginap di hotel bintang 2 ini sekitar Rp. 200 ribuan – Rp. 275 ribuan tergantung dari kebijakan hotel.

4. Hotel Bintang 3
Standar hotel bintang 3 ini minimal harus punya 2 kamar suite dan 30 kamar non suite. Fasilitas kolam renang, gym, resto juga harus ada, sarapan minimal 2 kali sehari, atau jasa binatu. Dari semua itu bisa Anda lihat dari kisaran harga Rp. 300 ribuan – Rp. 500 ribuan. Fasilitas hotel secara umum (AC, TV, kamar mandi dalam) wajib ada.

5. Hotel Bintang 4
Standar hotel bintang 4 ini minimal harus punya 3 kamar suite dan 50 kamar non suite. Fasilitas kolam renang, gym, bar, cafe harus ada dan punya cabang, sarapan minimal 2 kali sehari, dan jasa binatu. Dari semua itu bisa Anda lihat dari kisaran harga Rp. 600 ribuan – Rp. 800 ribuan. Fasilitas hotel secara umum wajib ada.

6. Hotel Bintang 5
Standar hotel bintang 5 ini minimal harus punya 4 kamar suite dan 100 kamar non suite. Fasilitas:
– Kolam Renang
– Gym
– Makan 3 kali sehari
– Jasa Binatu
– TV
– AC
– Cafe, Bar
– Mobil Antar Jemput
– Layanan Bahasa Asing
Tidak sebatas di atas saja, hotel bintang 5 ini akan membuat Anda seperti di surga dunia dengan semua fasilitas dan layanan. Tarif per malamnya Rp. 1 – 2 juta tergantung daerah.

Cara memilih hotel sesuai bintang sudah Anda pahami ya, jadi jangan ragu booking sekarang juga.

Gravatar Image
Memberikan informasi tentang harga hotel terbaru saat ini secara online yang difokuskan terutama untuk kawasan Asia